Berita

Pemkab Sintang Pantau Harga Barang Dan Upayakan Penurunan Inflasi

img

Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah terus menerus mengamati harga berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat setiap minggu dan bulan. Hal tersebut untuk bisa mengetahui angka inflasi, jenis barang yang harganya tidak stabil dan mengambil langkah untuk menurunkan inflasi. Sejauh ini mayoritas kebutuhan pokok masyarakat kabupaten sintang masih dipasok dari singkawang dan pontianak serta masih buruknya kondisi infrastruktur yang ada, sehingga terjadi inflasi. Demikian disampaikan Ketua TPID yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang saat Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sintang dengan Bank Indonesia Perwakilan Kalbar pada Senin, 24 Oktober 2016 di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kab Sintang.

“kami setiap tiga bulan mengadakan pertemuan membahas perkembangan harga dan langkah antisipasi yang bisa diambil. Faktor pemicu inflasi di kabupaten sintang adalah kondisi jalan dari pontianak ke sintang, musim kemarau yang mengganggu distribusi, kelangkaan BBM, naiknya harga sembako menjelang hari raya, pengaruh kemarau dan hujan yang tidak bisa diprediksi yang berpengaruh pada produktivitas tanaman lokal” terang Yosepha Hasnah.

“untuk itu kami akan melakukan pemantauan distribusi bahan pangan dan memastikan pasokan lancar, operasi pasar dan menambah pasokan dari luar, menghimbau masyarakat untuk tidak memborong bahan pangan dan mempublikasikan ketersediaan bahan pangan, membina peternak dan petani secara berkelanjutan” tambah Yosepha Hasnah.

Menurut Yosepha Hasnah, berdasarkan data yang ada Laju pertumbuhan ekonomi kabupaten sintang pada tahun 2013 ditargetkan 5, 98 persen terealisasi 6,47 persen dan tahun 2014 ditargetkan 6,33 persen realisasi 6,85 persen. Inflasi pada tahun 2013 sebesar 6,97 persen dan 2014 mencapai 6,85 persen.

Sonny Ciputra dari Bank Indonesia Perwakilan Kalbar yang juga anggota TPID Propinsi Kalbar mengapresiasi kinerja TPID Kabupaten Sintang yang sudah melakukan upaya penurunan inflasi. “Di Kalbar komoditas penyumbang inflasi adalah angkutan udara, daging ayam dan telur. Yang berbahaya sebenarnya naik turun harga karena membuat pengusaha menjadi ragu, lebih baik kalau harganya stabil. Setiap komoditas memiliki harga dasar. Pemkab sintang harus memperhatikan stok beras dan telur karena paling banyak dikonsumsi masyarakat dan defisit stoknya tinggi.

Harga barang yang naik turun, pasti dipasok dari luar. Inflasi di kalbar itu meningginya musiman misalkan pada saat imlek, idul fitri dan natal. Pontianak itu salah satu penghasil udang terbesar di Indonesia, tetapi harga udang mahal karena udang yang bagus dijual keluar, yang jelek dijual di pontianak. Cara mengatasi inflasi adalah kerjasama pengembangan UMKM berbasis komoditas penyumbang inflasi, produk UMKM yang ada dikirim ke kecamatan defisit, pemberian subsidi biaya angkut, dan pemasaran produk secara terjadwal sebagai penyeimbang” terang Sonny Ciputra.

Wiryono Kabid Peternakan Dispertanak menjelaskan bahwa Untuk mengatasi kekurangan stok telur menjelang bulan suci ramadhan dan idul fitri, Pemkab Sintang pernah memberikan subsidi pengangkutan telur dari kalimantan selatan ke sintang. “Pada saat itu, stok telur di propinsi kalbar juga tidak banyak sehingga kami bekerjasama dengan peternak di Kalimantan Selatan. Kami membeli telur harga kandang, lalu biaya angkut kami tanggung, sehingga kami bisa menjual telur di sintang sesuai harga kandang seperti di Kalsel.

Kalau pedagang menjual telur pasti menghitung harga kandang, biaya angkut dan keuntungan” terang Wiryono.
Suhaidi Kabid ketahanan pangan menjelaskan sudah membantu membina masyarakat untuk mengembangkan kebun sayur supaya masyarakat tidak perlu membeli sayur. Hadir dalam kesempatan seluruh SKPD anggota TPID Kabupaten Sintang dan Sariansyah kepala perum bulog sintang

LAMPIRAN

L

Sintang serahkan LK TK Tahun 2015 ke BPK

img

SINTANG – Kepala Sekretariat Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Suwarno yang didampingi Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat dan Tata Usaha Kepala Perwakilan, Wizar Dien Yatim menerima secara resmi Laporan Keuangan (Unaudited) Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2015 yang diserahkan oleh Inspektur Kabupaten Sintang, Apolonaris Biong di Ruang Tamu Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (29/04/2016).

Acara penyerahan Laporan Keuangan (Unaudited) Pemerintah Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2015 ini juga dihadiri oleh beberapa Staf di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang; dan Staf Subauditorat Kalimantan Barat, Susanti Ariningtyas dan Purnomo Budi Utomo serta beberapa staf pegawai Hubungan Masyaratakat dan Tata Usaha Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat.

LAMPIRAN



Membayar PNPB semakin mudah dengan aplikasi SIMPONI

img

Jakarta, 15/03/2017 Kemenkeu - Sejalan dengan tuntutan masyarakat akan pelayanan penerimaan negara yang cepat, akurat dan dapat diandalkan (reliable), pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyediakan fasilitas pembayaran/penyetoran penerimaan negara melalui Modul Penerimaan Negara Generasi ke-2 (MPN G-2) yang diluncurkan pada tanggal 27 Februari 2014, yaitu aplikasi berbasis web bagi pembayaran pajak, cukai, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan non-anggaran.

Untuk PNBP, subsistem MPN G-2 adalah Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI), yang memberi kemudahan bagi Wajib Bayar/Wajib Setor untuk membayar/menyetor PNBP dan penerimaan non anggaran melalui berbagai channel pembayaran seperti teller (Over The Counter), ATM (Automatic Teller Machine), EDC (Electronic Data Capture), maupun internet banking.

“Kementerian Keuangan juga memberikan kemudahan didalam pembayaran PNBP, tidak harus melalui personel secara langsung dan tidak harus cash, bisa cashless dan berlangsung 24 jam secara online,” kata Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo saat menyampaikan paparan mengenai PNBP pada acara Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri 2017 di Ruang Rapat Utama Markas Besar Polri, Jakarta pada Selasa (14/03).

Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) merupakan sumber pendapatan negara yang diperoleh dari masyarakat yang bersumber selain pajak. PNBP hanya dapat digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan pemberian layanan publik yang dikenakan pungutan PNBP. PNBP tidak dimaksudkan untuk menutup defisit anggaran, karena sebagian besar dikembalikan untuk belanja pada Kementerian/Lembaga yang menyelenggarakan layanan publik yang menghasilkan PNBP tersebut.

“Jadi intinya, PNBP ini tidak dimaksudkan menutup defisit anggaran. Lebih kepada bagaimana untuk memberikan layanan kepada publik. Namun demikian, harus masuk kas negara dulu, tidak boleh digunakan secara langsung,” jelasnya. (ip/nr)

LAMPIRAN

Lampiran File

BI Sebut pertumbuhan ekonomi indonesia masih sesuai perkiraan

img

Metrotvnews.com, Jakarta: Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2016 tercatat sebesar 5,02 persen, membaik dibandingkan dengan di 2015 yang sebesar 4,88 persen. Adapun pencapaian pertumbuhan ekonomi tersebut masih sesuai dengan perkiraan Bank Indonesia (BI).  

Secara triwulanan, ekonomi Indonesia pada triwulan IV-2016 tumbuh sebesar 4,94 persen (yoy), sedikit lebih rendah dibandingkan dengan capaian triwulan sebelumnya yang sebesar 5,01 persen (yoy) terutama akibat melambatnya konsumsi pemerintah sejalan dengan kebijakan penghematan belanja pemerintah.

Pertumbuhan ekonomi 2016, khususnya di triwulan IV-2016 didukung oleh pertumbuhan konsumsi rumah tangga, perbaikan kinerja investasi, dan peningkatan ekspor. Konsumsi rumah tangga masih tumbuh cukup kuat didukung oleh terkendalinya inflasi.

"Peningkatan kinerja investasi terutama didorong oleh pertumbuhan investasi nonbangunan dalam bentuk kendaraan dan peralatan lainnya," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Perbaikan ini terindikasi pada kinerja sektor pertambangan dan perkebunan yang meningkat. Di sisi lain, investasi bangunan melambat sejalan dengan belum kuatnya dukungan investasi sektor swasta. Sementara itu, kinerja ekspor menunjukkan perbaikan yang signifikan seiring dengan mulai meningkatnya harga beberapa komoditas seperti harga batu bara dan CPO.

Ke depan, kata Tirta, BI memperkirakan ekspansi perekonomian masih terus berlanjut di 2017. Perkembangan harga komoditas yang membaik dan perbaikan ekonomi dunia yang terus berlangsung diharapkan dapat menopang kinerja ekspor Indonesia.

Dengan permintaan domestik yang masih solid dan peningkatan permintaan dunia, investasi diperkirakan terus membaik. Penurunan suku bunga juga diharapkan dapat mendorong kinerja konsumsi rumah tangga dan investasi didukung oleh implementasi paket kebijakan pemerintah.

Di sisi lain, pemanfaatan ruang pelonggaraan moneter secara terukur dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan akan turut memperkuat momentum pertumbuhan ekonomi ke depan," kata Tirta.

BI akan terus memonitor berbagai perkembangan baik domestik maupun eksternal, sekaligus memperkuat koordinasi dengan pemerintah untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi. Dengan stabilitas makroekonomi terjaga, perekonomian Indonesia akan dapat tumbuh pada tingkat yang lebih tinggi secara berkesinambungan.

LAMPIRAN

Lampiran File

BPKAD Ajak SKPD Sintang Tertib Administrasi

img

Sintang (Antara Kalbar) - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Joni Sianturi yakin Pemkab Sintang dapat mempertahankan predikat WTP yang sudah diraih pada tahun 2012.

Untuk mempertahankan predikat WTP ini, pihaknya mengajak seluruh SKPD di jajaran Pemkab Sintang untuk disiplin menggunakan anggaran. 

“Semua SKPD harus disiplin dan taat pada aturan yang berlaku dalam menggunakan APBD,” kata Joni dio SIntang, Senin.

Joni mengingatkan agar setiap penggunaan anggaran harus dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Dia mencontohkan misalkan penggunaan anggaran untuk pembelian barang dan jasa, semuanya harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. 

“Jelas dalam artian tidak fiktif baik harga paketnya maupun proses pengadaannya. Kalau harus lelang ya mesti lelang,” katanya.

Sementara itu, belum lama ini, Ketua Forum Kajian Percepatan Pemekaran Pembangunan Wilayah Timur Kalbar, Syeh Mukarram mengingatkan Pemkab Sintang dalam melaksanakan pembangunan tidak hanya mengejar predikat dari pihak luar. Tapi dalam melaksanakan pembangunan, Pemkab Sintang harus bagus di lapangannya juga.

“Predikat WTP ini jangan hanya di administrasinya saja yang bagus sementara kondisi di lapangan banyak yang tidak beres,” ujarnya.

Mukarram meminta BPK dalam memberikan penilaian harus melihat kondisi di lapangan. Jangan hanya sekedar melihat administrasi keuangannya saja. Sebab administrasi ini bisa saja dibagus-baguskan, sementara kondisi di lapangan hancur-hancuran.

Dia menilai beberapa tahun ini, Pemkab Sintang sering melakukan pemborosan anggaran. Contohnya program Bimtek yang dilaksanakan di luar Kalbar. Program bimtek ini sebenarnya hanya program jalan-jalan yang dibungkus rapi dengan sebutan bimtek, seperti bimtek yang dilaksanakan ke Bandung belum lama ini.

Dia menyarankan sebaiknya Pemkab Sintang mengurangi kegiatan Bimtek ke luar provinsi karena hanya menghabiskan anggaran. Kalau Bimtek dilakukan di Kalbar, anggarannya kan tidak banyak dan bisa melibatkan banyak pegawai. “Kenapa Bimtek tidak di lakukan di ibu kota provinsi saja atau di Sintang saja sehingga tidak menghabiskan anggaran,” tanyanya.

Dikatakannya, Bimtek selalu dijadikan bungkus untuk melakukan perjalanan dinas yang menghabiskan anggaran tapi hasil dari Bimtek tidak ada bagi kemajuan Sintang. Mukarram menyarankan dana untuk kegiatan Bimtek alangkah baiknya digunakan untuk pembangunan jalan di desa-desa yang telah rusak parah atau membangun rumah dinas guru yang hancur lebur.

Mukarram menegaskan rakyat sangat mengharapkan sentuhan pembangunan yang nyata dapat dirasakan oleh mereka. Tugas pemerintahlah melakukan pembangunan di daerah bukan sukanya plesiran. Dia berharap Pemkab Sintang terus meningkatkan kinerjanya dengan program-program yang pro rakyat. “Jangan sampai keberhasilan rakyat dari keringat rakyat sendiri diakui sebagai keberhasilan program pembangunan. Ini seringkali terjadi,” tuturnya.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Sintang dan Singkawang Bantah Beli Opini WTP

img

PROKAL.CO, SINTANG- Ribut-ribut tertangkapnya suap pengenaan opini keuangan kabupaten kota di BPK, membuat banyak pihak meragukan apakah opini wajar tanpa pengecualian (WTP) itu benar-benar murni. Nah,  dua daerah di Kalbar, Pemkab Sintang dam Pemkab Singkawang mengklaim mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melalui sistem profesional dan akuntabel.

“Kita laporan keuangan secara mandiri. Bahkan sebelum mendapatkan WTP, kita juga pernah mendapatkan opini disclaimer dari BPK,” kata Sekda Sintang Yosepha Hasnah, Selasa (30/5).  Setelah mendapatkan opini disclaimer, Yosepha mengaku Pemkab Sintang terus berbenah. Berupaya meningkatkan kualitas SDM pengelolaan keuangan, baik internal BPKAD maupun pengelolaan keuangan OPD.

“Kita sering mengirim pengelola keuangan OPD untuk mengikuti Diklat keuangan. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas SDM dalam pengelolaan laporan keuangan,” paparnya.  Sekda mengaku, Pemkab Sintang juga pernah tiga tahun berturut mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Sementara opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP) sudah empat kali berturut-turut.

“Opini kita peroleh dengan kerja keras, melalui peningkatan seluruh SDM pengelola keuangan. Laporan keuangan kita juga sudah sangat baik. Kalau pun kita dapat opini WTP lagi, itu sudah sangat wajar,” tegas Yosepha.

Menurut Yosepha, BPK dalam memeriksa laporan keuangaan, dengan meyakinkan bahwa laporan telah disajikan sesuai standar akuntansi pemerintah. Kemudian, laporan keuangan yang diserahkan oleh pemerintah daerah harus mengacu pada  opini pernyataan professional. (lihat grafis).  Sekda mengaku, Pemkab Sintang tidak memberikan iming-iming kepada tim auditor BPK saat melakukan pemeriksaan laporan keungan. Dengan kondisi laporan keuangan yang sudah semakin maju, dia optimis Pemkab Sintang mendapatkan opini WTP dari BPK. “Kita profesional. Jika ada kekurangan kita perbaiki sistem pelaporan keuangan kita,” katanya.

Tak Beri Fasilitas

Pengakuan serupa juga diutarakan Sekda Singkawang Drs Syech Bandar, M.Si. Dia mengaku Pemkot Singkawang tidak pernah memberikan fasilitas dan iming-iming kepada tim auditor BPK. “Tiap daerah tentu diperiksa laporan keuangannya. Pemeriksaan yang mereka (BPK) lakukan sesuai kriteria, setelah 60 hari disuruh melakukan perbaikan,” jelas Syech Bandar kepada Rakyat Kalbar, Selasa (30/5).

Menurutnya, sebelum dilakukan perbaikan, tetap pada angka Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Kembali pada penilaian tim auditor BPK itu sendiri.

Syech Bandar mengaku, ada petugas BPK yang menolak fasilitas, meskipun disuguhkan air minum. “Tak tahu kenapa, ditawarkan minum mereka tidak mau, kita hanya memfasilitasi ruangan ketika mereka melakukan pemeriksaan. Diajak makanpun mereka tidak mau dan mereka pun tidak mau difasilitasi menginap di hotel,” ungkap Syech Bandar.

 “Selain itu juga, kita pun tak punya anggaran untuk memfasilitasi dan itu juga tidak boleh dilakukan. Kalau untuk daerah lain, saya kurang tahu,” sambungnya. Syech Bandar mengungkapkan, fasilitas makan dan minum saja, petugas BPK tidak mau, apalagi diberi uang saku. “Kita kejar prestasi dengan cara yang benar dan harus sesuai prosedur. Tidak kita benarkan ada SKPD yang bermain-main atau mengada-ada. Semua laporan keuangan satu pintu, dan ini tugas Sekda untuk dipertanggungjawabkan ke wali kota,” papar Syech Bandar.

Penilaian laporan Wajar Dengan Pengecualian (WDP) masih disandang Kota Singkawang. Sekda beralasan, ada beberapa laporan keuangan yang belum ditindaklanjuti dan juga masalah asset. “Masalah asset tahun ini selesai, sehingga kita berharap Singkawang bisa mendapat WTP,” harapnya.

Pemerintah daerah yang mendapatkan predikat WTP, akan dihargai dengan pemberian reward dalam bentuk meningkatnya anggaran Dana Alokasi Umum (DAU). Meskipun mendapatkan predikat WDP, Syech Bandar mengklaim Kota Singkawang menjadi percontohan bagi daerah lain dalam pemeriksaan keuangan. (Achmad Munandar, Suhendra/rk)

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

KPK Resmi Tahan Setnov, Jokowi: Ikuti Proses Hukum

img

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan telah mengeluarkan surat penahanan terhadap Ketua DPR Setya Novanto, terkait statusnya tersangka kasus korupsi proyek pengadaan KTP-el. Sehubungan kondisinya yang tengah dirawat, KPK menerapkan pembantaran penahanan dengan pengawasan penuh penyidik KPK di RS Cipto Mangunkusum, Salemba, Jakarta Pusat.

“KPK melakukan penahanan terhadap SN (Setya Novanto) di rumah tahanan KPK," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (17/11/2017). Menurut dia, penahanan itu terhitung dari 7 November 2017 hingga 6 Desember 2017.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut angkat suara terkait kondisi terkini Novanto, kemarin. “Saya minta Pak Setya Novanto mengikuti proses hukum yang ada, saya yakin proses hukum yang ada di negara kita ini harus berjalan dengan baik," kata Jokowi seusai ditemui pada acara DPD di Kompleks Parlemen Senayan, kemarin.

Terkait usulan pergantian ketua DPR karena Novanto sakit, Jokowi menyerahkan proses tersebut kepada DPR. "Itu wilayah DPR," kata dia.

Penyidik KPK sebelumnya menempel ketat Ketua DPR Setya saat tengah di rawat di RS Medika Permata Hijau, kebayoran Lama, akibat mengalami kecelakaan pada Kamis (16/11) petang. Saat dipindahkan ke RS Cipto Mangunkusum, Salemba, para dokter dan penyidik KPK tak melepaskan pengawasan terhadap tersangka kasus korupsi proyek pengadaan KTP-el itu.

"Setelah dilakukan pengecekan sejumlah kondisi kesehatan SN, siang ini untuk kebutuhan yang lebih lanjut, seperti CT Scan, maka yang bersangkutan dibawa ke RSCM," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kemarin. Saat dibawa keluar, Novanto tampak dalam keadaan tak sadar dan wajahnya ditutupi kain.

Sebelum dipindahkan itulah, menurut Febri, penyidik KPK menunjukkan surat penahanan yang ditandatangani dua saksi dan seorang saksi kepada pihak keluarga Novanto. Surat penahanan tersebut kemudian ditolak kuasa hukum Novanto Fredrich Yunadi.

KPK kemudian melanjutkan proses penahanan dengan mengeluarkan surat pembantaran penahanan sehubungan Novanto masih harus dirawat di RSCM. Surat pembantaran itu kembali ditolak kuasa hukum Novanto.

Sebelumnya, Setya Novanto dikabarkan mengalami kecelakaan di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (16/11) malam. Ia dilaporkan mengalami kecelakaan saat menuju ke kantor Metro TV guna menjalani sesi wawancara dengan stasiun televisi tersebut. Mobil itu mengalami kecelakaan tunggal menabrak tiang listrik.

Ia telah diburu penyidik KPK sejak Rabu (15/11) malam karena mangkir dari panggilan pemeriksaan sebagai tersangka kasus korupsi KTP-el yang terjadi 2010 silam. Pihak KPK menduga, Novanto ikut mengatur persetujuan dan proses tender proyek yang merugikan negara senilai Rp 2,3 triliun itu.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menyebut, kondisi Novanto telah dinyatakan tidak mengkhawatirkan. Meski begitu , penyidik masih menungu Setnov sembuh sepenuhnya untuk melanjutkan pemeriksaan. 

Kuasa hukum Novanto, Fredrich Yunadi mengiyakan para penyidik KPK telah datang ke RS Medika Permata Hijau sambil membawa surat penangkapan. "Sudah dikoordinasi dokter sana (RSCM), tiba-tiba KPK mengeluarkan surat Pak SN ditahan, bilang 'sekarang adalah wewenang KPK'," ujar Fredrich di RS Medika Permata Hijau, kemarin.

Fredrich mempermasalahkan hal tersebut karena Novanto belum pernah diperiksa oleh KPK. Terlebih, menurut dia, Novanto sedang sakit. Fredrich menambahkan, sejauh ini komunikasi antara KPK dan Novanto juga tidak terjadi.

Terkait kondisi kesehatan Novanto, pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sudah membentuk tim yang mulai melakukan pemeriksaan di RSCM, kemarin. "Saya enggak bisa sebutkan jumlahnya (dokter IDI yang ikut memeriksa), tapi yang jelas tim sudah mulai bekerja mulai dari hari ini," kata Sekjen IDI, Adib Khumaidi.

Adib juga mengakui sudah menerima permintaan dari KPK agar IDI ikut memeriksa kondisi Novanto sebagai perbandingan atas kondisi yang disampaikan dokter rumah sakit. Adib Khumaidi menuturkan, tim dokternya akan memeriksa secara langsung kondisi kesehatan Setya Novanto. 

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

LRT Jakarta dan Jabodebek Dibangun Bersisian di Dukuh Atas

img

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah memutuskan trase kereta ringan Jakarta (Light Rail Transit/LRT Jakarta) dan LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) yang bersilangan di Dukuh Atas akan dibangun bersisian. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) Bambang Prihartono seusai rapat koordinasi di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Senin (25/9), mengatakan keputusan itu diambil berdasarkan kecukupan luas lahan di Dukuh Atas.

"Diputuskan dalam rapat bahwa nanti masing-masing membangun 'track'-nya. Jadi Adhi Karya bangun 'track' sendiri, Jakpro juga bangun sendiri karena lahannya cukup, jadi masing-masing bisa dikasih, karena masing-masing punya target untuk mencapai (headway) 3 menit," katanya.

LRT Jakarta merupakan proyek Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang digarap PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Sementara itu, pemerintah pusat juga membangun LRT Jabodebek di mana PT Adhi Karya (Persero) Tbk ditunjuk menjadi kontraktornya.

"Sebelumnya kan belum diputuskan apakah keduanya masuk ke Dukuh Atas karena lahannya dikatakan sempit, sekarang diukur langsung ke lapangan, ternyata lahannya masih ada. Jadi sudah bisa masuk," ujarnya.

LRT Jakarta meliputi tujuh koridor, yakni Kebayoran Lama-Kelapa Gading, Tanah Abang-Pulomas, Joglo-Tanah Abang, Puri Kembangan-Tanah Abang, Pesing-Kelapa Gading, Pesing-Bandara Soekarno-Hatta, dan Cempaka Putih-Ancol. Rute LRT Jabodebek meliputi Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, Cawang-Bekasi Timur, Dukuh Atas-Senayan, Cibubur- Bogor, dan Palmerah-Bogor.

Kedua LRT bersinggungan di Dukuh Atas, di mana rute LRT Jakarta melewati Manggarai dan Dukuh Atas untuk menuju Tanah Abang. Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyambut progres terintegrasinya dua rute LRT tersebut di stasiun Dukuh Atas.

"Saya kira ini maju, tadi kita sepakat untuk masalah-masalah detilnya sudah selesai. Misalnya trasenya sudah ketemu antara yang Jakpro dengan Adhi Karya," katanya.

Luhut mengklaim kemajuan proyek tersebut berjalan sesuai target yakni beroperasi 2019. "Kami sampai sekarang 'push' (dorong) terus. Makanya pertemuan-pertemuan ini terus-terusan, marathon, dengan PT KAI, Jakpro, Adhi Karya, Sarana Multi Infrastruktur, dan lainnya. Saya lihat orang-orang profesional dan saya bangga melihatnya," pungkasnya.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Bagaimana Perkembangan Pembangunan LRT?

img

Light Rail Transit yang disingkat LRT adalah sistem transportasi massal untuk menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di sekitarnya seperti Bekasi dan Bogor. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun tujuh koridor LRT yaitu Kebayoran Lama-Kelapa Gading sepanjang 21,6 km, Tanah Abang-Pulomas 17,6 km, Joglo-Tanah Abang 11 km, Puri Kembangan-Tanah Abang 9,3 km, Pesing-Kelapa Gading 20,7 km, Pesing-Bandara Soekarno-Hatta 18,5 km, dan Cempaka Putih-Ancol 10 km.

Pembangunan LRT untuk mengatasi kemacetan di Ibukota ini dikerjakan oleh dua perusahaan yaitu PT Adhi Karya Tbk dan PT Jakarta Propertindo. Menurut Direktur Keuangan dan Legal Adhi Karya Haris Gunawan, proses pembangunan LRT saat ini rata-rata mencapai 6,5% dengan rincian rute Cibubur-Cawang 12,7%, Cawang-Dukuh Atas 3%, dan Cawang-Bekasi 4,8%. Target pembangunan LRT hingga akhir tahun diprediksi mampu mencapai 15%.

Sedangkan menurut Aris Joko, perwakilan dari PT Jakarta Propertindo, pembangunan dari dua koridor LRT dipastikan akan selesai sebelum penyelenggaraan ASEAN Games 2018. Koridor yang sedang dibangun adalah koridor satu dengan rute Kebayoran Lama-Kelapa Gading dan koridor tujuh dengan rute Kelapa Gading-Kemayoran-Pesing-Bandara Soekarno-Hatta. Untuk koridor Velodrome di Rawamangun ke Kelapa Gading sepanjang 6 km, diprediksi dapat selesai tepat waktu pada Agustus 2018. Pembangunan rute Kelapa Gading-Velodrome akan dilanjutkan hingga Dukuh Atas di kawasan sentra bisnis Sudirman. Saat ini, PT Jakarta Propertindo juga membuat studi kelayakan untuk koridor lainnya yaitu Kelapa Gading ke kawasan Kota Tua yang melalui Sunter di Jakarta Utara.

Menurut Adhi Nugroho, perwakilan dari Adhi Karya, rute Cibubur-Cawang bisa mulai beroperasi pada akhir 2018. Target selanjutnya adalah rute Cawang-Bekasi Timur yang direncanakan dapat mulai beroperasi pada akhir 2019. Sesuai dengan rencana Transit Oriented Development (TOD), LRT akan terkoneksi dengan gedung apartemen dan rusunawa, juga akan dilengkapi dengan park on ride terutama di Bekasi Timur.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Kevin/Marcus Pertahankan Gelar Juara di China

img

FUZHOU, KOMPAS.com - Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo mempertahankan gelar juara China Open Super Series Premier dengan mengalahkan ganda Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen, Minggu (19/11/2017).

Dalam pertandingan final di  Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou ini Marcus/Kevin bermain tanpa cela untuk menang dalam dua gim 21-19, 21-11.

Selain mempertahankan gelar juara, pasangan muda Indonesia ini mengulangi prestasi tahun lalu saat mereka mengalahkan Boe/Mogensen di final dalam dua gim juga 21-18, 22-20.

Pasangan Indonesia ini bermain tanpa bebas setelah sampat mengalami cedera pekan lalu. Di babak semifinal Marcus/Kevin menyisihkan harapan terakhir tuan rumah China, Li Junhui/Li Yuchen 21-14, 21-18.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

BIMTEK RENCANA BISNIS DAN ANGGARAN BLUD

img

BPKAD Kab. Sintang, Khususnya Sub Bidang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah mengadakan Bimbingan Teknis penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) BLUD di Balai Praja Kab. Sintang. Acara ini diikuti oleh 60 peserta dari berbagai puskesmas yang ada di Kab. Sintang. Acara BIMTEK ini berlangsung dari tanggal 20-21 November 2017, dan di hadiri oleh Bapak. Drs. Widartoyo, AK, MM, M.Si, CPA, CA., sebagai narator. 

LAMPIRAN

BIMTEK RBA BLUD

PSG Pecahkan Rekor Gol di Fase Grup Liga Champions

img

Paris Saint-Germain memecahkan sebuah rekor di Liga Champions setelah menang telak atas Celtic. PSG kini menjadi tim paling produktif di fase grup.


PSG melibas Celtic 7-1 di Parc des Princes, Paris, Kamis (23/11/2017) dinihari WIB. Meski menang telak, Les Parisiens sempat dikejutkan oleh gol cepat Moussa Dembele di menit pertama yang membuat mereka tertinggal.

Akan tetapi, panggung sepenuhnya mutlak jadi milik PSG. Tim tuan rumah melesakkan tujuh gol balasan, masing-masing lewat Neymar (dua gol), Edinson Cavani (dua gol), Kylian Mbappe, Marco Verratti, dan Dani Alves.

Tambahan tujuh gol ini mebuat PSG menjadi tim tersubur di fase grup dalam sejarah Liga Champions. Jumlah 24 gol yang mereka buat mematahkan rekor 21 gol Borussia Dortmund di fase grup musim 2016/2017.


Cavani dan Neymar tercatat sebagai penyumbang gol terbanyak PSG di Liga Champions dengan masing-masing enam gol. Di belakang keduanya ada Mbappe dan Layvin Kurzawa dengan masing-masing tiga gol.

PSG masih punya kesempatan menajamkan rekor gol mereka. Tim besutan Unai Emery itu akan bertemu Bayern Munich pada laga terakhir fase grup.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Gol pinalty Sehrou Guirassy menangkan Fc Kologn atas Arsenal

img

Bertandang ke RheinEnergieSTADION markas Fc Cologne sebagai status pimpinan group H, Arsenal menurunkan tim lapis kedua pada pertandingan tersebut.

Meski datang sebagai tim tamu, anak-anak asuhan Arsene Wanger tetap menunjukan determinasinya pada pertandingan tersebut, terbukti dengan mencatatkan 7 shoot on target dengan 66% penguasaan bola.

Fc Cologne sebagai tuan rumah berhasil mencuri gil terlebih dahulu, melalui gol penalty Sehrou Guirassy pada menit ke 62.

 

Gol tersebut mengunci kemenangan tuan rumah atas tamunya Arsenal, sekaligus mengangkat mereka ke posisi dua di bawah Arsenal.

 

Dengan kekalahan ini Arsenal tetap lolos ke fase 32 besar Europa League sebagai juara group H dengan sisa satu pertandingan dan selisih empat point dari peringkat dua Fc Cologne. 

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Gereja-Gereja di Dunia Kritik Sikap Trump atas Yerusalem

img

Gereja-gereja dunia "buka suara" soal kebijakan Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan berencana memindahkan Kedutaan Besarnya dari Tel Aviv ke sana. Baik Vatikan, Anglikan, maupun Ortodoks sepakat kebijakan itu keliru. 

Paus Fransiskus, pemimpin Gereja Katolik sekaligus kepala negara Vatikan, meminta Presiden Amerika Serikat (AS) itu menghormati status quo Yerusalem sebagaimana yang disepakati dalam Resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dalam Resolusi PBB 478 tahun 1980, PBB menyerukan agar seluruh negara menarik perwakilan diplomatiknya dari kota suci tersebut. 

"Saya ingin memberi teguran tulus atas komitmen setiap orang untuk menghormati status quo kota [Yerusalem], sesuai dengan Resolusi PBB yang bersangkutan," kata Paus, di Paul VI Hall, dalam acara mingguan General Audience, seperti dikutip Vatican Radio. 


Yerusalem, kata Paus, adalah "kota yang kudus baik bagi Yahudi, Kristen, dan Muslim." Oleh karenanya, dibutuhkan "kebijaksanaan" dan "kehati-hatian" agar bisa mencegah ketegangan baru. Paus jelas mengkritik Trump dalam pernyataannya ini. 

Dalam kesempatan yang sama, Paus juga mendoakan agar rakyat Palestina dapat merasakan "kedamaian dan kemakmuran."

Sikap yang sama ditunjukkan Justin Welby, Uskup Agung Canterbury. Pimpinan simbolik Komuni Anglikan sedunia, dalam laman Facebook resminya mengatakan bahwa status quo Yerusalem adalah salah satu dari sedikit "elemen stabil" untuk menjaga perdamaian dan rekonsiliasi Kristiani, Yahudi, dan Muslim. Langkah Trump, katanya, akan "meningkatkan kebencian, kekerasan, dan penderitaan di Yerusalem. Membuat kami semakin jauh dari tujuan persatuan dan lebih dalam."

Kritik tersebut jadi pernyataan bersama 13 pimpinan Gereja di seluruh dunia, dimana 
Uskup Agung Anglikan di Yerusalem, Suheil Dawani, tergabung di dalamnya. Selain itu, bergabung juga Patriark—gelar bagi uskup tertinggi dalam Gereja Ortodoks. 

Dilaporkan Anglican Communion, pimpinan Gereja ini menyarankan dan memohon secara serius agar AS mengakui status internasional Yerusalem saat ini. "Setiap perubahan mendadak akan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki," tulis pernyataan resmi mereka. 

Pernyataan tersebut juga menyebut bahwa orang Israel dan Palestina hanya dapat menegosiasikan perdamaian yang berkelanjutan dan adil sepanjang mendapat dukungan kuat. "Kota suci dapat dibagi dan dinikmati sepenuhnya begitu proses politik membantu membebaskan hati semua orang yang hidup di dalamnya dari kondisi konflik dan kerusakan yang mereka alami."

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Dewan Gereja Dunia Olav Fykse Tveit mengatakan bahwa AS harusnya memainkan peran penting dalam mendorong perundingan yang konstruktif, bukan malah memperkeruh suasana. 

"Keputusan mengenai status Yerusalem hanya akan menyebabkan kekecewaan, meningkatkan ketegangan, dan mengurangi harapan," kata Tveit.

Meski banyak tentangan, Trump bergeming. Ia justru menganggap apa yang dilakukannya adalah "pendekatan baru" dalam menghadapi konflik Palestina-Israel yang telah terjadi sejak puluhan tahun lalu. 

"Keputusan ini tidak dimaksudkan, dalam cara apapun, untuk mencerminkan hilangnya komitmen kuat kami untuk memfasilitasi sebuah kesepakatan damai yang abadi. Kami menginginkan kesepakatan yang sangat baik bagi Israel dan juga untuk rakyat Palestina," kata Trump. 

(tirto.id - rio/msh)

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Jelang Sidang Perdana Novanto, KPK: Mudah-mudahan Beliau Sehat

img

Jakarta - Wakil Ketua KPK Laode M Syarif berharap tersangka dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto sehat menjelang sidang perdana 13 Desember 2017. Laode mengatakan seseorang akan diperiksa kesehatannya sebelum maju ke meja hijau.

"Biasanya yang pertama diperiksa apakah seseorang bisa stand for trial atau tidak. Mudah-mudahan beliau sehat," kata Syarif di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (11/12/2017).


Syarif optimistis pihak KPK bisa membuktikan keterlibatan Novanto dalam kasus dugaan korupsi e-KTP. Terkait potensi gugurnya praperadilan Novanto, Syarif menyebut hal tersebut ditentukan oleh pihak pengadilan.


"Sejak dulu kami yakin, dan kali ini kami sangat yakin. Soal pengguguran praperadilan itu kami serahkan pada pengadilan untuk menentukan. Nanti isu-isu dalam praperadilan itu bisa dibicarakan dalam sidang perkara pokok," ujarnya.


Ia juga menjelaskan KPK tidak ada kaitan atas mundurnya dua orang pengacara Novanto. "Tergantung Pak Setnov dan pengacara. Kami tidak ikut-ikutan," ungkapnya.


Sebagai informasi, ketua DPR sekaligus ketua umum Partai Golkar Setya Novanto akan menjalani sidang perdana kasus dugaan korupsi e-KTP pada 13 Desember 2017 mendatang. Nama Novanto sering disebut dalam persidangan tersangka korupsi e-KTP lainnya. 
(HSF/aan)

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Hasil Pertandingan Premier League

img

Manchester City kukuh di puncak klasemen sementara Premier League 2017-2018.

 Jakarta - Manchester City melanjutkan tren positif saat melakoni rival sekota Manchester United pada pekan ke-16 Premier League 2017-2018 di Old Trafford, Senin (11/12/2017) dini hari WIB. Tim asuhan Pep Guardiola itu mengalahkan The Red Devils dengan skor 2-1.

Kemenangan tersebut membuat Manchester City kini mengemas 14 kemenangan beruntun. Jumlah kemenangan itu membuat The Citizens menyamai rekor yang dibuat Arsenal pada musim 2001-2002.

Hasil positif ini juga membuat Manchester City nyaman di puncak klasemen dengan mengoleksi 46 poin. David Silva dan kawan-kawan unggul 11 poin dari Manchester United yang menempati posisi kedua.

Di sisi lain, hasil mengecewakan diraih Liverpool yang bermain imbang 1-1 di Anfield Stadium, Minggu (10/12/2017). Keunggulan The Reds berkat gol Mohamed Salah tidak berbekas setelah Wayne Rooney mencetak gol lewat penalti yang memaksa pertandingan berakhir imbang.

Sementara itu, Arsenal gagal membawa pulang tiga poin dari Saint Mary Stadium, markas Southampton. Tim yang diarsiteki Arsene Wenger ditahan The Saints dengan skor 1-1.

Tambahan satu poin itu membuat Arsenal menempati peringkat kelima klasemen sementara. Adapun Liverpool masih menempati peringkat keempat klasemen sementara Premier League 2017-2018.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

HEADLINE: Jurus Berkelit Setya Novanto Berakhir?

img

Liputan6.com, Jakarta - Setya Novanto tidak datang dengan kepala tegak untuk menjalani sidang perdana dalam kasus korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor, Rabu siang, 13 Desember 2017. Ia juga tak lantang membantah tuduhan yang dialamatkan jaksa penuntut umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Mantan Ketua DPR itu bungkam, diam, menunduk, menampilkan sosok sebagai korban, dan seakan tak mendengar hakim yang bicara dengan pengeras suara. Ia mengaku sakit parah. Namun, hasil pemeriksaan empat dokter dari RSCM mematahkan dalihnya.

Setya Novanto mengklaim buang air besar sampai 20 kali selama dua hari belakangan karena diare parah. Namun, kata penjaga rutan, ia hanya dua kali ke toilet.

Selama duduk di kursi pesakitan, Setya Novanto selalu tampak lemas dan membisu. Padahal menurut jaksa, ia sudah makan siang dan sebelumnya sanggup berkomunikasi dengan para dokter yang memeriksanya. 

Sikapnya tak mengundang simpati dari majelis hakim yang memutuskan melanjutkan sidang yang beragendakan pembacaan dakwaan itu. Belas kasihan pun tak datang dari publik. Yang muncul justru dugaan bahwa Setya Novanto sedang bersiasat untuk mengulur waktu.

Anggota Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW, Lola Easter, mengatakan siasat Setnov itu bisa dibaca dari keterangan yang berbeda antara tim dokter dan terdakwa.

"Itu perilaku yang sangat disayangkan. Seharusnya Setya Novanto lebih kooperatif. Di pengadilan, itu adalah kesempatan untuk menunjukkan dia (terlibat atau tidak). Harusnya dia tidak perlu lagi macam-macam membuat-buat alasan," ujarnya kepada Liputan6.com, Rabu malam.

Lola menduga, sikap Setnov terkait dengan masih digelarnya sidang praperadilan yang memeriksa soal keabsahan penetapan dirinya sebagai tersangka oleh KPK. 

Besar kemungkinan, Setya Novanto masih menjaga asa bahwa hakim akan memutuskan penetapan dirinya sebagi tersangka tidak sah.

Sebelumnya, jalur praperadilan pernah membebaskannya dari status tersangka. Kala itu, ia yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit mendadak sehat. 

"Putusan praperadilan kalau tidak salah dibacakan besok (Kamis). Patut diduga itu untuk mengulur waktu agar sampai pembacaan putusan praperadilan besok," ujar peneliti ICW tersebut.

Lebih dari itu, sikap Setnov di Pengadilan Tipikor pada Rabu kemarin bukan tidak mungkin akan merugikan dia dalam persidangan selanjutnya.

"Sikap tidak kooperatif itu bisa menjadi pertimbangan hakim untuk memberatkan putusan nantinya. Tapi ini kan baru sidang pertama, lihat saja sikapnya nanti," ujar Lola.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. Dia mengatakan, pihaknya akan mempelajari sikap Setnov selama di persidangan. Dia juga menuturkan, semua tersangka, termasuk Setnov, berpotensi dihukum maksimal jika tidak kooperatif.

"Semua tersangka punya potensi dihukum maksimal kalau tidak kooperatif atau berbelit-belit," ujar Saut Situmorang saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Menurut dia, mantan Ketua DPR itu dalam kondisi sehat untuk mengikuti sidang dakwaan. Sebab, tim dokter RSCM telah melakukan pemeriksaan, sebelum membawa Setnov ke Pengadilan Tipikor.

"Dokter sudah menyatakan kondisi yang bersangkutan itu sehat, sebabnya sidang lanjut," Saut menjelaskan.

Dia pun merasa heran terkait sikap Setnov yang bungkam saat ditanya majelis hakim. Padahal, dalam hasil pemeriksaan dokter KPK pagi hari sebelum sidang, Setnov bisa berkomunikasi dengan baik.

"Apa latar belakang yang bersangkutan diam? Entar akan bisa tahu, siapa tahu sakit gigi, misalnya," kata Saut.

Di sisi lain, Plt Ketua Umum Partai Golkar, Idrus Marham, berharap JPU KPK tak menyalahkan dan menuding Setya Novanto berbohong.

"Kita menghormati profesi masing-masing. Kita menentukan sikapnya. Tidak ada gunanya kita saling menyalahkan dan saling menuduh. Biarlah proses berjalan," ujar dia.

Yang jelas, "drama tiga babak" di awal persidangan perdana kasus korupsi e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto telah berakhir.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Antar Madrid Juara Piala Dunia Antarklub 2017, Zidane: Kami Pulang dengan Rilek

img

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane tak kuasa menahan kegembiraan usai membawa timnya menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2017. El Real menjadi kampiun usai membungkam klub asal Brasil, Gremio satu gol tanpa balas. Gol kemenangan Los Blancos pada pertandingan yang dihelat di Stadion Syeikh Zayed Sports Club,  Sabtu (16/12/2017) atau Minggu dini hari WIB disumbangkan oleh Cristiano Ronaldo di menit ke-53.

Menurut Zidane kemenangan tersebut menjadi pencapaian luar biasa bagi timnya. Madrid menjadi satu-satunya tim yang mampu mempertahankan gelar Piala Dunia Antarklub. Ia pun mempersembahkan kemangan itu kepada para penggemarnya.

“Ini adalah momen luar biasa untuk semua madridistas dan semua orang yang mencintai klub ini,” beber pelatih asal Prancis itu.

Setelah memenangkan trofi tersebut kini Zidane bisa bernapas lega. Ia akan mengalihkan perhatian ke perhelatan domestik. Dalam hitungan hari timnya akan menghadapi duel klasik menghadapi musuh bebuyutan, Barcelona.

“Sudah ada banyak momen brilian dan kita menyaksikannya di tangan pertama. Kami harus menikmati hari ini, keseimbangannya bagus dan kami harus melanjutkannya. Kami akan pulang dengan rileks dan mengalihkan fokus untuk el Clasico [melawan Barcelona di La Liga],” sambungnya.

Terkait pertandingan hari itu, Madrid bermain apik. Ronaldo dan kawan-kawan menguasai jalannya pertandingan sejak menit awal. Sementara itu Gremio yang berada di bawah tekanan hanya memiliki satu kesempatan mencetak gol, itu pun tak mengenai sasaran.

“Kami sendiri tampil apik sejak awal, dengan intensitas. Kami menjalani pertandingan dengan baik. Kami punya keseimbangan dalam bertahan dan saat menguasai bola. Para pemain kami membuat pemain lawan kesulitan. Kami bermain brilian dan saya senang untuk menjuarai trofi ini,” lanjutnya.

Kemenangan Madrid ini sekaligus membungkam sesumbar pelatih Gremio Renato Gaucho. Sebelumnya Renato mengatakan bahwa Ronaldo tak memiliki skill individu mumpuni. Ia ibaratnya monser namun hanya mengandalkan kekuatan fisik semata.

“Ronaldo memang seorang monster, pemain yang begitu hebat. Namun dia hanya bekerja keras pada ketahanan fisik tapi tidak menguasai banyak teknik mengolah si kulit bundar,” beber Gaucho.

Gaucho pun berdalih kehebatan Ronaldo saat ini tidak lepas dari posisi yang ditempatinya saat ini. Ia mengatakan bila kapten timnas Portugal itu meninggalkan posisinya di sayap kiri maka ketajamannya akan hilang.

“Saat Ronaldo meninggalkan posisinya di sayap kiri, ia tak akan mampu menghasilkan apa pun,” pungkasnya.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

KPK Didesak Telusuri Nama Politikus Lain di Kasus e-KTP

img

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta tidak tebang pilih dalam menuntaskan kasus korupsi pengadaan e-KTP. Lembaga pimpinan Agus Rahardjo itu diminta segera menindaklanjuti sejumlah nama politikus yang diduga terlibat korupsi e-KTP.

Pakar hukum Asep Iwan Iriawan mengatakan, sebaiknya kasus e-KTP tidak hanya berhenti pada Setya Novanto. Asep menilai, masih ada pihak lain yang berperan dalam kasus tersebut.

"KPK jangan hanya garang terhadap Setya Novanto. Buka yang lain juga. Ada yang lebih gede sebenarnya," kata Asep dalam diskusi Polemik Radio MNC Trijaya bertema Setnov Effect di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (16/12/2017).

Asep mengatakan, dalan menelusuri nama politikus tanah air yang diduga terlibat dalam kasus e-KTP, KPK bisa berpatokan pada surat dakwaan. 

"Misal yang sekarang jadi gubernur, misal Ganjar, dia sudah sangkal tapi KPK harus cari buktinya. Yasonna, dengan tidak disebut namanya bukan berarti dia tidak bisa naik status," kata Asep.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Eks Boss Facebook: Saya Bersalah Ciptakan Pemecah Belah Masyarakat

img

KOMPAS.COM - Mantan pejabat eksekutif Facebook lagi-lagi angkat bicara soal dampak negatif jejaring sosial tersebut. Kali ini adalah Chamath Palihapitiya, pria yang bergabung di Facebook pada 2007 lantas menjadi Vice President User Growth Facebook.

"Saya merasa sangat bersalah. Kami telah menciptakan alat pemecah belah masyarakat," kata dia.

Hal tersebut ia ungkapkan di saat acara kelulusan mahasiswa Stanford School of Business. Selanjutnya. Chamath Palihapitiya juga mengajak masyarakat untuk rehat dari media sosial.

Kritik Chamat Palihapitiya sejatinya tak khusus menyasar Facebook, tetapi ekosistem online secara keseluruhan. Ia menyayangkan ketika interaksi manusia di ranah online diukur melulu lewat ikon jempollike, dan heart.

"Perputaran respons jangka pendek via media sosial menghancurkan tatanan masyarakat. Tak ada kerja sama, banyak informasi salah, dan tak benar yang beredar. Ini bukan masalah Amerika atau Rusia, ini adalah masalah global," ia menuturkan.

Ia kemudian mengingatkan soal insiden di India beberapa saat lalu. Pesan hoax berantai via WhatsApp berisi tuduhan terhadap tujuh orang sebagai penculik anak. Ujung-ujungnya tujuh orang itu dihukum mati, padahal sebenarnya tak bersalah.

"Bayangkan peristiwa tersebut dibawa ke cakupan lebih besar, ketika orang-orang jahat bisa memanipulasi sekelompok orang untuk melakukan apa yang mereka inginkan," ia menjelaskan.

Secara pribadi Chamath Palihapitiya mengaku kini membatasi eksistensinya di Facebook. Sementara itu, anak-anaknya dilarang menggunakan platform tersebut sama sekali, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (15/12/2017), dari TheVerge.

Sebelumnya, ada beberapa mantan eksekutif Facebook dan pihak-pihak terkait yang juga mengutarakan penyesalan mereka. Pada November lalu, investor awal Facebook, Sean Parker, yang melontarkan pendapatnya.

"Facebook mengeksploitasi kelemahan dalam psikologi manusia," ujarnya.

Mantan Product Manager Facebook, Antonio Garcia-Martinez, bahkan menuliskan buku khusus bertajuk "Chaos Monkeys". Isinya soal kritik-kritik sosial yang menyerang Facebook.

Chamath Palihapitiya tak segan mengatakan bahwa para pengusaha dan investor teknologi hanyalah menjual omong kosong. Meski orang-orang tersebut terlihat besar, kata Chamath Palihapitiya, pencapaian mereka lebih cenderung karena keberuntungan ketimbang keterampilan.

"Mereka mendirikan platform internet, memiliki arus transaksi yang baik dan modal besar, lalu ada banyak sekali perubahan teknologi yang hebat. Seiring waktu mereka akan masuk di jejeran 20 pengusaha sukses dan seakan-akan terlihat seperti seorang jenius," ia memungkasi

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Presentasi Pelaksanaan Jasa Konsultasi Aplikasi BLUD

img

          Senin (18/12-17), Badan Pengelola Keuangan dan Aset daerah Kabupaten Sintang khususnya sub bidang Pengelolaan Keuangan Layanan Umum Daerah melaksanakan kegiatan Presentasi Pelaksanaan Jasa Konsultasi Aplikasi BLUD oleh PT. Multi Bahana Informatika. kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat BPKAD Kab. Sintang dari pukul 08.30 wib sampai dengan selesai.

kegiatan ini dibuka oleh langsung Kepala BPKAD Kab. Sintang Bapak Joni Sianturi, S.E, M.Si dan diikuti oleh peserta dari Dinas Kesehatan Sintang.
Tujuan Kegiatan ini adalah memperkenalkan dan mempresentasikan aplikasi BLUD yang rencananya akan di terapkan dan digunakan pada setiap puskesmas yang ada di Kab. Sintang.

LAMPIRAN

peserta kegiatan

Penyusunan Laporan Pengelolaan Barang Milik Daerah Persiapan AUDIT BPK-RI Perwakilan Kal-bar

img

          Bertempat di ruang rapat kantor BPKAD kab. Sintang, Bapak Selimin, SE, M.Si a/n Kepala BPKAD kab. Sintang (Rabu 3/1/18) membuka rapat "Penyusunan Laporan Pengelolaan Barang Milik Daerah Persiapan AUDIT BPK-RI Perwakilan Kal-bar".


Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bidang Aset Sub Bidang Penata Usahaan & Pelaporan. kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 - selesai. 

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Apel Di Lingkungan BPKAD Sintang

img

Apel senin (22/01/17) di lingkungan BPKAD Sintang di pimpin langsung oleh Bapak Selimin , SE,M.Si Selaku Plh.Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kab. Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

RAPAT PERSIAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SKPD T.A 2017

img

Selasa (23/01/2018) bertempat di ruang rapat kantor BPKAD Kab. Sintang, ibu Netty Viktoria, SE. MM Selaku Kabid Akuntansi BPKAD Kab. Sintang membuka Rapat "PERSIAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SKPD T.A 2017" yang di ikuti oleh berbagai SKPD Kab. Sintang. 

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

PERSIAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KAB. SINTANG T.A 2017

img

Kamis (25/01/18), bertempat di ruang rapat lantai II kantor BPKAD Sintang, Bapak Dhonny Marshella, S.Kom selaku Kasubid Bidang Penata Usahaan dan Pelaporan membuka rapat mengenai "PERSIAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KAB. SINTANG T.A 2017" yang di ikuti oleh Pengurus Barang dan Pengurus Barang Pembantu dari setiap SKPD yang di undang.



LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Apel Sore 26/01/18

img

Apel sore (26/01/18) di halaman depan Kantor BPKAD Kab. Sintang di Pimpin oleh Ibu Netty Viktoria, SE. MM dan di ikuti oleh semua staf BPKAD Kab. Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Apel Pagi 29/01/18

img

Apel Pagi, senin (29/01/18) di lapangan upacara kantor BPKAD Kab. Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

RAPAT REKONSILIASI DATA DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SKPD KABUPATEN SINTANG TAHUN ANGGARAN 2017

img

REKONSILIASI DATA DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SKPD KABUPATEN SINTANG TAHUN ANGGARAN 2017,, pukul 09.00 - Selesai SKPD yang di undang : 1. Kantor Camat Sungai Tebelian 2. Kantor Camat Kelam Permai 3. Kantor Camat Binjai Hulu 4. Kantor Camat Tempunak 5. Kantor Camat Dedai 6. Kantor Camat Sepauk 7. Kantor Camat Ketungau Hilir 8. Kantor Camat Ketungau Tengah 9. Kantor Camat Ketungau Hulu 10. Kantor Camat Kayan Hilir 11. Kantor Camat Kayan Hulu 12. Kantor Camat Serawai 13. Kantor Camat Ambalau 14. Kantor Camat Sintang

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Pembahasan Surat Edaran Pelaksanaan Peraturan Bupati Sintang Tentang Standar Biaya Perjalanan Dinas dan Standar Tambahan Penghasilan Bagi PNS di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sintang TA. 2018

img

Senin (26\02-18), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah atau BPKAD Kab. Sintang Mengadakan rapat yang di ikuti oleh beberapa perwakilan dari SKPD lain di antaranya Kepala BKPSDM, Kabag Ekbang Setda, Kabag Umum Setda dan beberapa perwakilan dari Kantor BPKAD Kab. Sintang. Rapat ini sendiri membahas   Surat Edaran Pelaksanaan Peraturan Bupati  Sintang Tentang  Standar Biaya Perjalanan Dinas dan Standar Tambahan Penghasilan Bagi PNS di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sintang TA. 2018.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Pembahasan Pengelolaan Dana BOS

img

BPKAD Kab. Sintang (28/02-18) , di ruang rapat bawah mengadakan Rapat Pembahasan Pengelolaan Dana BOS yang dibuka langsung oleh Kepala BPKAD Kab. Sintang Bapak Joni Sianturi, S.E. M.Si dan diikuti oleh perwakilan Diknas Kab. Sintang, Inspektorat Kab. Sintang dan Ketua Tim BPK Prov Kal-Bar.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rekonsiliasi Laporan Keuangan SKPD T.A 2017

img

Rabu (01/03-18), bertempat di Aula Rapat bawah kantor BPKAD Kab. Sintang diadakan Rekonsiliasi Laporan Keuangan SKPD T.A 2017 yang digagas oleh bidang Akuntansi.

Kegiatan Rekonsiliasi ini di ikuti oleh PPK setiap SKPD dengan membawa laporan keuangan SKPD TA. 2017.
Rekonsiliasi berlangsung dari pukul 09.00 Wib s/d Selesai, dan dipimpin langsung oleh Kasubid Bidang Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan & Belanja Daerah &  Pelaporan Keuangan Daerah Bapak Yahya Sucahya,SE.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Arisan Dharma Wanita SeKabupaten Sintang

img

Selasa 6 maret 2018 bertempat di halaman kantor BPKAD Kab. Sintang  sekaligus menjadi tuan rumah di adakan acara Arisan Dharma Wanita seKabupaten Sintang.

Acara Tersebut di ikuti perwakilan-perwakilan ibu-ibu dharma wanita setiap SKPD.
berlangsung dari pukul 15.30 - selesai, terlihat banyak sekali perwakilan yang datang.
acara di buka oleh Ibu Joni Sianturi,SE. M. Si selaku ketua Dharma Wanita BPKAD Kab.Sintang dan Bapak Joni Sianturi,SE. M. Si memberikan penjelasan mengenai transaksi non tunai di acara tersebut.
acara semakin meriah karena di adakan doorprize sebagai hadiah sampingan selain hadiah utama uang arisan itu sendiri.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Rekon Data DHB-DR Tahun 2008 - 2016

img

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Pembentukan Panitia Sensus Barang Milik Daerah Tahun 2018

img

Jumat (16/03/18) bertempat di ruang rapat bawah kantor BPKAD Sintang, Bapak Joni Sianturi, S.E, M.Si selaku kepala BPKAD Sintang membuka Rapat "Pembentukan Panitia Sensus Barang Milik Daerah Tahun 2018" yang di selenggarakan oleh bidang Aset BPKAD Sintang.

Rapat itu dihadiri oleh para tamu undangan dari Inspektorat Sintang dan Setda Sintang bagian hukum serta tamu undangan dari BPKAD Sintang sendiri.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

RAPAT RANCANGAN AWAL RENCANA KERJA BPKAD SINTANG UNTUK TAHUN 2019

img

Kasubbid Subbidang Keuangan dan Program Ibu Fitri Wahyuni,S.Stp mengadakan rapat Internal mengenai Rancangan Awal Rencana Kerja BPKAD Sintang untuk Tahun 2018 di gedung kantor BPKAD Sintang. Rapat dibuka langsung oleh Kepala BPKAD Sintang Bapak Joni Sianturi,SE, M.Si dan di hadiri Sekretaris BPKAD Sintang Bapak Selimin, SE, M.Si beserta seluruh Kabid dan Kasubid serta PPK di lingkungan BPKAD Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rekonsialisasi dan Rasionalisasi Aset

img

Jumat 20 april 2018, BPKAD Kab. Sintang Subbid Penatausahaan dan Pelaporan Aset bersama dengan DINKES Kab. Sintang mengadakan Rekonsialisasi dan Rasionalisasi Aset di Gedung Rapat DINKES Sintang, Rekon tersebut di ikuti oleh semua puskesmas di Kab. Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

REKONSIALISASI REALISASI APBD TRIWULAN I TAHUN ANGGARAN 2018

img

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Sosialisasi Petunjuk Pelaksanaan Sensus Barang Milik Daerah Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang Tahun 2018

img

Sintang (8/05/18), bertempat di Ruang Rapat Dispenda Sintang, Tim Aset BPKAD Kab Sintang Melaksanakan Sosialisasi Petunjuk Pelaksanaan Sensus Barang Milik Daerah Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang Tahun 2018. Acara Di ikuti oleh seluruh Tim Pengurus barang Setiap SKPD. 

LAMPIRAN





SENSUS BARANG DI KECAMATAN TEMPUNAK

img

Sensus barang di kecamatan tempunak oleh tim ASET BPKAD, kegiatan tersebut dihadiri oleh sekolah dan puskesmas yang berada di kecamatan tempunak kabupaten sintang.

LAMPIRAN


SENSUS BARANG DI KECAMATAN DEDAI

img

Tim Aset dari BPKAD melakukan sensus di kecamatan Dedai..

LAMPIRAN


Evaluasi dan Penyusunan Standar Satuan Harga Barang dan Jasa

img

Jumat 25 Mai 2017, bertempat di Ruang  rapat BPKAD Kabupaten Sintang, Bapak Selimin, SE, M.Si membuka Rapat persiapan Evaluasi dan Penyusunan Standar Satuan Harga Barang dan Jasa No 87 Tahun 2017. Rapat berlangsung dari pukul 08.30 Wib sampai dengan selesai. Rapat diikuti oleh SKPD yang di undang dan sebnyak 22 Tamu yang mengisi buku hadir.

LAMPIRAN


SENSUS BARANG KECAMATAN SERAWAI

img

Tim Aset BPKAD Kab. Sintang melakukan sensus barang di kecamatan serawai.

LAMPIRAN


Selamat Hari Raya Idul Fitri MOhon Maaf Lahir dan Batin

img

BPKAD SINTANG Mengucapkan " Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Batin "

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Keluarga Besar BPKAD Kab. Sintang Makan Siang Bersama

img

Kamis 28 Juni 2018, Keluarga Besar BPKAD Kab. Sintang Makan Siang Bersama dalam rangka Halal Bihalal Idul Fitri.

LAMPIRAN


Rapat Penyusunan Laporan Semester I

img

Senin 2 juni 2018 bertempat di ruang rapat BPKAD Kab. Sintang, Bidang Aset BPKAD Kab. Sintang Mengadakan rapat bersamaPengurus Barang Pengguna, Pengurus Barang Pembantu, dan Pengurus Barang Pengguna SKPD di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sintang, Guna membahas penyusunan laporan semester I.

LAMPIRAN


BIMBINGAN TEKNIS Pengelolaan Aset/ Barang Milik Daerah

img

Kamis (2/8-18) bertempat di Bandung, Tim Dari Aset BPKAD Sintang beserta pengurus barang dari SKPD se-Kabupaten Sintang melaksanakan BIMBINGAN TEKNIS Pengelolaan Aset/ Barang Milik Daerah. Acara berlangsung dari tanggal 1 - 5 Agustus 2018.

LAMPIRAN


TIM GRAK JALAN PUTRA BPKAD MENYEMARAKAN HUT RI KE 73 2018

img

Tim Grak Jalan Putra BPKAD Sintang Menyemarakan HUT RI Ke 73 2018 di Kabupaten Sintang.

Perlombaan di mulai pada tanggal 15 Agustus 2018 pada pukul 19.00 Wib dari depan Rumah Dinas Bupati Sintang dan di Akhiri di Depan KODIM Sintang dengan total panjang rute perjalanan 17Km.

LAMPIRAN


TIM GRAK JALAN PUTRI BPKAD MENYEMARAKAN HUT RI KE 73 2018

img

Tim Grak Jalan Putri BPKAD Sintang Menyemarakan HUT RI Ke 73 2018 di Kabupaten Sintang.

Perlombaan di mulai pada tanggal 20 Agustus 2018 pada pukul 07.00 Wib dari depan Rumah Dinas Bupati Sintang dan di Akhiri di Depan KODIM Sintang dengan total panjang rute perjalanan 8Km.

LAMPIRAN


PENYUSUNAN LAPORAN ASET

img

         Rapat Penyusunan Laporan Aset sehubungan telah berjalannya semester II ( dua ) T.A 2018. Rapat di ikuti oleh pengurus barang pengguna maupun pengurus barang pembantu di lingkungan pemerintahan Kabupaten Sintang. Rapat sendiri dilaksanakan di ruang rapat BPKAD Kab. Sintang pada hari kamis 23 Agustus 2018 di mulai pukul 08.00 Wib sampai dengan selesai.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Peraturan Bupati Sintang mengenai tambahan penghasilan bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang T.A 2019

img

Rapat Peraturan Bupati Sintang mengenai tambahan penghasilan bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang T.A 2019

Rapat Berlangsung di Ruang Rapat BPKAD Kab. Sintang dan di ikuti oleh Ibu Dra. Yosepha Hasnah, M.Si Selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Bapak Yosep Joni, S.E., M.Si Selaku Kepala BPKAD Kab. Sintang, serta para tamu undangan lain yang terkait.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

STAN PAMERAN PEMBANGUNAN BPKAD KABUPATEN SINTANG TAHUN 2018

img

Pameran pembangunan tahun 2018 kembali di laksanakan di lingkar stadion Baning Sintang pada tanggal 25 Agustus 2018.

BPKAD Kab. Sintang ikut ambil bagian pada pameran tersebut.
Terlihat pada gambar Bapak Kepala BPKAD Joni Sianturi, SE. M.Si beserta Ibu dan Bapak Sekretaris BPKAD Selimin, SE, M.Si beserta Tim yang menjaga Stand pada hari pertama pembukaan pameran pembangunan.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Pembahasan Penggunaan Belanja Tidak Terduga Untuk Tanggap Darurat Bencana Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan

img

Sintang, 30 Agustus 2018 bertempat di ruang rapat bawah BPKAD Sintang, diadakan Rapat Pembahasan Penggunaan Belanja Tidak Terduga Untuk Tanggap Darurat Bencana Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Pembahasan Peraturan Bupati Sintang Terkait Draf Sistem Akuntansi Pelaporan Keuangan dan Kebijakan Akuntansi BLUD SKPD dan UPTD di Lingkunagn Pemerintah Kabupaten Sintang.

img

Rapat Pembahasan Peraturan Bupati Sintang Terkait Draf Sistem Akuntansi Pelaporan Keuangan dan Kebijakan Akuntansi BLUD SKPD dan UPTD di Lingkunagn Pemerintah Kabupaten Sintang.

Rapat Berlangsung di Gedung Rapat Lantai I BPKAD Kab. Sintang.

Rapat sendiri berlangsung dari pukul 09.00 wib sampai dengan selesai pada hari selasa tanggal 18 september 2018.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

SOSIALISASI Pengurus Piutang Negara / Daerah Kabupaten Sintang Oleh Kantor Wilayah Direktoral Jendral Kekayaan Negara (DJKN) Pontianak

img

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sintang bersama dengan Direktoral Jendral Kekayaan Negara (DJKN) Pontianak melaksanakan SOSIALISASI Pengurus Piutang Negara / Daerah Kabupaten Sintang. Acara Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Hotel Myhome sintang dengan dibuka oleh Bupati Sintang Bapak Jarot Winarno.

Sosialisasi ini di ikuti oleh 26 OPD dan Camat, serta 16 Debitur dan Lurah di Kabupaten Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Standar Satuan Biaya di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sintang Atas Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sintang T.A 2019

img

Rapat Standar Satuan Biaya di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sintang Atas Beban Anggaran Pendapatan  dan Belanja Daerah Kabupaten Sintang T.A 2019.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Kegiatan Entri RKA ABT T.A 2018 Sekabupaten Sintang.

img

Kegiatan Entri RKA ABT T.A 2018 Sekabupaten Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Pengenalan Implementasi E- Budgeting SIMRAL.

img

Pengenalan Implementasi E- Budgeting SIMRAL di Ruang UPT BPKAD Kab. Sintang berlangsung pada hari jumat (19/10-18) .

Kegiatan ini berlangsung dalam dua sesi, sesi pertama dimulai pukul 09.00 - 11.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.00 - 15.00 WIB.
sesi pertama diikuti oleh SKPD Dinas dan Badan Pemerintahan di seluruh Kabupaten Sintang, sedangkan sesi kedua diikuti oleh Seluruh Kantor Kecamatan dan Kelurahan di Kabupaten Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Pembahasan Rancangan Peraturan Bupati Sintang Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan APBD Kab. Sintang T.A 2019

img

Rapat Petunjuk Teknis Pelaksanaan APBD Kab. Sintang T.A 2019 Berlangsung pada hari Jumat 26 Oktober 2018 di Ruang Rapat BPKAD Kab. Sintang.


LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Persiapan Asistensi Terhadap RKA-SKPD Kab. Sintang T.A 2019

img

Jumat (26/10) , BPKAD bidang Anggaran  Mengadakan rapat Rapat Persiapan Asistensi Terhadap RKA-SKPD Kab. Sintang T.A 2019 di ruang rapat BPKAD Kab Sintang.

rapat berlangsung sejak pukul 13.30 WIB sampai dengan selesai.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

RAPAT PENGELOLAAN DANA BOS

img

Rapat Dana Boss dilaksanakan pada ruang rapat Sekda Kab. Sintang dimulai pukul 08.30 s/d Selesai.

Rapat di pimpin langsung oleh Sekda Sintang Ibu Dra. Yosepha Hasnah, M.Si dan dihadiri oleh para pejabat terkait.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

ASISTENSI RKA

img

Asistensi RKA berlangsung di beberapa titik pada Kantor BPKAD Kab. Sintang, salah satunya di bimbing langsung oleh Kabid Anggaran BPKAD Kab. Sintang Bapak E. Ronny Pasla, S.E.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

ASISTENSI RKA HARI KE II

img

ASISTENSI RKA HARI KE II 31/10-2018.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

ASISTENSI RKA HARI KE III

img

Foto Kegiatan ASISTENSI di BPKAD Kab. Sintang Hari ke III, di dampingi Bapak Karlo Sujarkono, SE.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

ASISTENSI HARI KE IV

img

ASISTENSI HARI KE IV, 02/11-18.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

LAPORAN PENGELOLAAN BMD DAN PERSIAPAN AUDIT BPK-RI PERWAKILAN KALBAR

img

Rabu (5/12-18) Bertempat di gedung rapat lantai satu kantor BPKAD Sintang, diadakan rapat mengenai Laporan Pengelolaan BMD dan Persiapan Audit BPK-RI Perwakilan Kal-bar. Rapat dihadiri oleh semua instansi terkait mengenai Laporan BMD.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

RAPAT PEMBAHASAN PERATURAN BUPATI SINTANG TENTANG PENYELENGGARAAN APLIKASI ONLINE SIMRAL

img

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kab. Sintang mengadakan Rapat pembahasan peraturan Bupati Sintang tentang penyelenggaraan Aplikasi SIMRAL secara online di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. Rapat dilaksanakan pada hari jumat (11/01) bertempat di Ruang rapat BPKAD Lantai II, dimulai Pukul 09.00 s/d Selesai. Rapat sendiri di Buka Oleh Bapak Sekretaris BPKAD Kab. Sintang Bpk. Selimin,Se, M.Si dan dihadiri oleh peserta rapat dari Bagian Hukum Setda, Bappeda dan dari BPKAD Kab. Sintang sendiri.


LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Internal BPKAD Kab. Sintang

img

Rapat Internal BPKAD Kab. Sintang di pimpin langsung oleh Kepala BPKAD Kab. Sintang Joni Sianturi, Se, M.Si dan di hadiri oleh Bapak Sekretaris dan Kabid.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Tahunan Kepala BPKAD dengan Tenaga Kontrak BPKAD

img

Rapat Internal Tahunan Kepala BPKAD Kab. Sintang dengan Tenaga Kontrak BPKAD Kab. Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Internal Bidang Perbendaharaan BPKAD Kab. Sintang

img

Rapat Internal Bidang Perbendahaaraan BPKAD Kab. Sintang Berlangsung pada hari rabu (16/01) di ruang rapat lantai II Kantor BPKAD.

Rapat sendiri di pimping langsung oleh Kabid bidang perbendaharaan Bapak Ramli Andoi, S.os, M.Ap dan di hadiri oleh kasubid dan staf perbendaharaan BPKAD Kab. Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

RAPAT PEMBAHASAN PERATURAN BUPATI SINTANG TENTANG PERUBAHAN STANDAR SATUAN BIAYA DAN DRAFT PERATURAN BUPATI SINTANG TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN DOKTER SPESIALIS PADA RSUD

img

Rapat membahas Peraturan Standar Satuan Biaya dan Draft Peraturan Bupati Sintang tentang hak dan kewajiban Dokter spesialis pada RSUD berlangsung di ruang rapat lantai II kantor BPKAD Sintang.

rapat dimulai sejak pukul 09.00 sampai selesai.
rapat di pimpin oleh bapak sekretaris BPKAD dan di hadiri oleh tamu undangan di antaranya adalah Direktur RSUD Sintang Dr. Rosa Trifina.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

REKONSILIASI ENTERY DATA APLIKASI BLUD

img

Rekonsiliasi Entry Data Aplikasi BLUD berlangsung dari waktu : 09.00 - Selesai dengan Peserta dari Kelompok II ,Puskesmas : Serawai, Mensiku, Merakai, Tebidah, Tempunak, Kebong.

Rekon di pimpin langsung oleh TIM BLUD dari bidang Akuntansi, Bpk Hendy Soegianto, S.Sos.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

REKONSILIASI ENTERY DATA APLIKASI BLUD

img

Rekon BLUD hari rabu waktu : 09.00 - Selesai dengan Peserta: Kelompok III Puskesmas : Kemangai, Lebang, Sungai Durian, Tanjung Puri, Nanga Mau, Dara Juanti, Dedai.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

REKON DATA DAN ASISTENSI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SKPD T.A 2018

Menindak Lanjuti Surat Edaran (SE) Bupati sintang Nomor 900/3879/III.A-BPKAD tanggal 5 Desember  2018, perihal permintaan dan penyampaian data, serta pengembalian uang yang harus dipertanggung jawabkan Bendahara ke Kas Daerah.

Rekon berlangsung dari Pukul 09.00 - selesai, dan di hadiri oleh selerug skpd terkait yang di undang.
Kegiatan rekon berlangsung di ruang lantai I BPKAD sintang dan dilaksanakan oleh Bagian Akuntansi BPKAD Sintang. 

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

EVALUASI TRANSAKSI NON TUNAI

img

Rapat Evaluasi Transaksi Non Tunai pada hari selasa (29/01) berlangsung di ruang rapat lantai II BPKAD.

Rapat di pimpin oleh bapak Sekretaris BPKAD Bpk. Selimin, SE, M.Si.
Rapat di hadiri juga dari Perwakilan Bank KalBar Cab. Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

PEMBAHASAN FINALISASI PERATURAN BUPATI SINTANG TENTANG PENYELENGGARAAN APLIAKSI SIMRAL SECARA ONLINE

img

Rapat pembahasan Peraturan Bupati Sintang tentang penyelenggaraan Aplikasi SIMRAL Secara Online di Lingkungan Pemkab Sintang berlangsung di Kantor BPKAD Kab. Sintang. Rapat internal kantor BPKAD ini di pimpin oleh Kasubbid Analisa dan Pengendalian Anggaran Irenius Lijun Pratama,ST,M,Si, dan di hadiri oleh Kabid Aset, Kasubbid Pengelolaan Belanja Daerah, Kasubbid Pengelolaan Kas Daerah, Kasubbag Keuangan dan Program serta Bendahara PPKD.

Rapat berlangsung sejak Pukul 09.00 - Selesai, dengan membawa Laptop masing-masing guna mengakses aplikasi SIMRAL.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Pelatihan Penata Usahaan Belanja Pada Aplikasi SIMRAL

img

Pada hari ini selasa (12/02) bertempat di gedung rapat bawah BPKAD Kab. Sintang, di adakan Pelatihan Penata Usahaan Belanja Pada Aplikasi SIMRAL.

Pelatihan ini berlangsung sejak Pukul 09.00- Selesai, dan di pimpin langsung oleh Kasubbid Pengelolaan Belanja Daerah Bpk. Andreas,S.Ap dan di bantu oleh Staf.
Peserta Pelatihan :
- Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang
- Badan Penanggulangan Bencana Daerah  Kabupaten Sintang
- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Sintang
- Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Sintang
- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang
- Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan PA Kabupaten Sintang
- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang
- Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang
- Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang
- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang
- Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang
- Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang
- Kelurahan Mengkurai.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Pelatihan Penata Usahaan Belanja Pada APliaksi SIMRAL

img

Peserta Pelatihan Penata Usahaan Belanja Pada APliaksi SIMRAL, tanggal 13 Februari 2019 Pukul 09.00 - Selesai di Ruang Rapat Bawah Kantor BPKAD:

- Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kab. Sintang
- Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kab. Sintang
- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sintang
- Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kab. Sintang
- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Sintang
- Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab. Sintang
- Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kab. Sintang
- Dinas Sosial Kab. Sintang
- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Sintang
- Inspektorat Kab. Sintang
- Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Sintang
- RSUD Ade M. Djoen Kab. Sintang
- Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Sintang

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Pelatihan Penata Usahaan Belanja Pada Aplikasi SIMRAL

img

Peserta Pelatihan Penata Usahaan Belanja Pada APliaksi SIMRAL, tanggal 14 Februari 2019 Pukul 09.00 - Selesai di Ruang Rapat Bawah Kantor BPKAD:

- Kecamatan Ketungau Tengah
- Kecamatan Serawai
- Kecamatan Sintang
- Kecamatan Sungai Tebelian
- Kecamatan Tempunak
- Kelurahan Kapuas Kanan Hulu
- Kelurahan Kapuas Kanan Hilir
- Kelurahan Kapuas Kiri Hulu
- Kelurahan Kapuas Kiri Hilir
- Kelurahan Ladang
- Kelurahan Tanjung Puri
- Kelurahan Akcaya
- Kelurahan Alai
- Kelurahan Rawa Mambok
- Kelurahan Menyumbung Tengah
- Kelurahan Batu Lalau
- Kelurahan Mekar Jaya
- Kelurahan Kedabang
- Kelurahan Ulak Jaya

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

REKON PENYERTAAN MODAL PEMERINTAH KABUPATEN SINTANG KEPADA PDAM SINTANG

img

Menindak lanjuti amanat Peraturan Pemerintah Kabupaten Sintang No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan, Sebagaimana Tercantum dalam Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan No. 6 tentang Akuntansi Investasi, Paragraf 34 poin (c) bahwa, penggunaan metode penilaian investasi jangka panjang kepemilikan lebih dari 50% menggunakan metode ekuitas. mengingat perubahan ekuitas dalam laporan keuangan PDAM sangat mempengaruhi nilai Penyertaan Modal yang tercatat pada Laporan Keuangan  Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2018.

Rapat Berlangsung  pada hari jumat 22 Februari 2019 pukul 08.30 - selesai, bertempat di ruang rapat atas BPKAD Kab. Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Apel Pagi Kantor BPKAD Kabupaten Sintang

img

Senin (25/02) , Seluruh Pegawai dan Tenaga Kontrak BPKAD Kab. Sintang mengadakan Apel Pagi.

Petugas Apel hari ini adalah dari bidang aset, dengan Komandan dari Kasubbid Perencanaan dan Pengendalian Bpk. Yuliandana, SE., Pembawa Acara Ibu Eva Lesti,S.Son dan Joan M.S Sebagai Pembaca Doa.
Pembina Apel adalah Kepala BPKAD Kab.Sintang Bpk. Joni Sianturi, SE, M.Si. Apel Kali ini Pembina Apel Membahas Masalah Penggunaan Aplikasi SIMRAL dan Pengarsipan pada SP2D PErbend.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Kegiatan Pelatihan Penatausahaan Pendapatan menggunakan Aplikasi SIMRAL

img

Kegiatan Pelatihan Penatausahaan Pendapatan menggunakan Aplikasi SIMRAL
1. Dinkes
2. RSUD Ade M. Djoen
3. Setda
4. Disporapar
5. Diskominfo
6. Disdukcapil
7. Dishub
8. Disperindagkop
9. Disnakertrans
10. Bappenda

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

RAPAT PEMBAHASAN DANA ALOKASI UMUM TAMBAHAN TAHUN ANGGARAN 2019

img

Rapat Pembahasan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 187/PMK.07/2018 Tentang tata cara Penyaluran Dana Alokasi Umum Tambahan Tahun anggaran 2019. Rapat di pimpin langsung oleh Kepala BPKAD Kab. Sintang Bpk. Joni sianturi, SE, M.Si pada hari Selasa, 26 Februari di Ruangan Rapat Lantai II Sejak Pukul 13.30 - Selesai.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Presentasi Aplikasi SIMRAL kepada Tim BPK RI Prov KalBar oleh tim dari BPKAD dan BAPPEDA

img

Presentasi Aplikasi SIMRAL (Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan) kepada Tim BPK RI Prov KalBar oleh tim dari BPKAD dan BAPPEDA Kab.Sintang. Acara berlangsung pada hari Selasa (05/03) di Ruang rapat Atas kantor BPKAD, di mulai dari pukul 14.00- Selesai.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Evaluasi Pelaksanaan SIMRAL pada awal Tahun Anggaran 2019.

img

Evaluasi Pelaksanaan SIMRAL pada awal Tahun Anggaran 2019.
para tamu undangan adalah PPK, Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran SKPD se-Kabupaten Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Pembahasan Peraturan Bupati Sintang tentang Perubahan Standar Satuan Biaya T. A 2019

img

Rapat Pembahasan Peraturan Bupati Sintang tentang Perubahan Standar Satuan Biaya T. A 2019

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Pembahasan Peraturan Bupati Sintang tentang Perubahan Standar Biaya Perjalanan Dinas T.A 2019

img

Rapat Pembahasan Peraturan Bupati Sintang tentang Perubahan Standar  Biaya Perjalanan Dinas T.A 2019.

Pokok Bahasan:
1. Terkait Biaya Bagasi untuk perjalanan dinas menggunakan pesawat udara
2. Terkait Biaya Transportasi pesawat udara yang harganya diatas standar harga dimana standarnya mengacu pada PMK ttg Standar Biaya Masukan 2019
3. Hal-hal lain sesuai perkembangan diskusi Rapat.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Exit pemeriksaan pendahuluan dari BPK RI Prov Kal-Bar atas laporan keuangan T. A 2018

img

Exit pemeriksaan pendahuluan dari BPK RI Prov Kal-Bar atas laporan keuangan T. A 2018

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

PEMBAHASAN PENGGUNAAN BELANJA TIDAK TERDUGA UNTUK PEMELIHARAAN JALAN, PEMBANGUNAN JEMBATAN DAN BARAU

img

Rapat Pembahasan Mengenai usulan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang sebagaimana Telaah Staf Nomor 050/51/BPBD/2019 tanggal 25 Februari 2019 perihal Permohonan Penganggaran Pemeliharaan Jalan Dusun Merahau - Dusun Ampar di Desa Merahau Permai KEcamatan Kayan Hulu Menggunakan Dana Tidak Terduga PEMKAB Sintang APBD T.A 2019.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Pembahasan pengajuan rekening penampung

img

Rapat Pembahasan pengajuan rekening penampung Berdasarkan Surat Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabuaten Sintang Nomor :970/173/Bappenda-IVA Tanggal 20 Maret 2019.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat kerja mengenai pemberian Tambahan Penghasilan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Sintang

img

Rapat kerja mengenai pemberian Tambahan Penghasilan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Sintang, Menindak Lanjuti Surat Ketua DPRD Kab. Sintang Nomor : 172/195//HP-A tanggal 29 Maret 2019,

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Pembahasan kebutuhan anggaran th 2020 utk urusan kesehatan dan pendidikan

img

Pembahasan kebutuhan anggaran th 2020 utk urusan kesehatan dan pendidikan di gedung rapat lantai II BPKAD.

Rapat berlangsung sejak pukul 10.30 sampai selesai
Rapat di buka oleh Kepala BPKAD dan turut hadir kepala Dinas Kesehatan kab. Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Evaluasi Standar Satuan Harga Barang dan Jasa Nomor 44 Tahun 2018 Dan Pembuatan Standar Satuan Harga Barang dan Jasa Nomor Tahun 2019

img

Evaluasi Standar Satuan Harga Barang dan Jasa Nomor 44 Tahun 2018 Dan Pembuatan Standar Satuan Harga Barang dan Jasa Nomor Tahun 2019

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Evaluasi Pelaksanaan Rekonsiliasi Aplikasi Simral dan SIM-BLUD Awal Tahun Anggaran 2019

img

Evaluasi Pelaksanaan  Rekonsiliasi Aplikasi Simral dan SIM-BLUD Awal Tahun Anggaran 2019

Peserta Berasal dari berbagai isntansi terkait.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat koordinasi intern BPKAD terkait pencairan dana hibah dan bansos T.A 2019.

img

Rapat koordinasi intern BPKAD terkait pencairan dana hibah dan bansos T.A 2019.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Pembahasan Tata Cara Pencairan Dana Hibah dan Bansos Tahun Anggaran 2019

img

Rapat Pembahasan Tata Cara Pencairan Dana Hibah dan Bansos Tahun Anggaran 2019

Rapat dipimpin oleh Sekretaris BPKAD Kab. Sintang Bpk. Selimin,SE,M.Si. 17 Peserta rapat adalah perwakilan dari instansi terkait Hibah dan Bansos, antaralain Kesra Setda, DISPORAPAR, Kesbangpol, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pengan.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Perubahan Penjabaran APBD Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2019 Terkait DAU Tambahan Kelurahan

img

Rapat Menyikapi Permintaan Data Perubahan Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2019 Oleh Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia Terkait DAU Tambahan.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK-RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018

img

Rapat Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK-RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018.
Rapat di hadiri oleh pengurus barang dan pembantu pengurus barang SKPD.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Kunjungan kerja dari SATGAS DANA DESA KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA

img

Bertempat di Ruang Kepala BPKAD Kab. Sintang, Kepala BPKAD Bapak Joni Sianturi, SE, M.si dan Sekretaris BPKAD Bapak Selimin, SE, M.Si  beserta Bapak Paulus Libat, S.IP, M.Si Selaku Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Sintang menerima Kunjungan kerja dari SATGAS DANA DESA KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL  DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA yang diwakili oleh Bapak Mashudi Selaku Sekretaris Satgas Dana Desa dan di temani oleh Bapak Erwin Syafaruddin dari Divisi Pelaporan dan Tindak Lanjut Hasil Penanganan Pengelolaan Permasalahan Dana Desa.Pada kunjungan tersebut Tim SATGAS DANA DESA melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Percepatan Penyaluran Dana Desa Tahun 2019 Di Kabupaten Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Kegiatan Persiapan Pembahasan RAPERDA tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2018.

img

Rabu 19 Juni 2018, BPKAD Kab. Sintang Mengadakan Kegiatan Persiapan Pembahasan RAPERDA tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2018.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Konsultasi mengenai Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2018 ke BPKPD Provinsi Kalimantan Barat

img

Sekretaris dan Kasubbid PA PLKD BPKAD Kabupaten Sintang mendampingi Anggota DPRD Kabupaten Sintang dalam kegiatan Konsultasi mengenai Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2018 ke BPKPD Provinsi Kalimantan Barat.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Pembahasan Peraturan Bupati Sintang tentang Standar Biaya Perjalanan Dinas T.A 2020

img

Rapat Pembahasan Peraturan Bupati Sintang tentang Standar Biaya Perjalanan Dinas T.A 2020

Rapat berlangsung di ruang rapat kantor BPKAD Kab. Sintang.
Turut di undang :
- Sekretaris BPKAD Kab. Sintang
- Sekretaris BKPSDM Kab. Sintang
- Kepala Bagian Ekbang Setda Kab. 
Sintang
- Kepala Bagian Umum Setda Kab. Sintang
- Kepala Subbid Perundang-undangan Setidak Kab. Sintang
- Kepala Subbid Pengelolaan Belanja Daerah BPKAD Kab. Sintang - Kepala Subbid Kebijakan dan Penyusunan Anggaran BPKAD Kab. Sintang
- Kepala Subbid Pertanggungjawaban APBD dan Pelaporan Keuangan Daerah Kab. Sintang
- Kepala Subbag Keuangan dan Program BPKAD Kab. Sintang
- Kepala Subbag Keuangan Setda Kab. Sintang

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Pembahasan Peraturan Bupati Sintang tentang Tambahan Penghasilan Bagi ASN T.A 2020

img

Rapat Pembahasan Peraturan Bupati Sintang tentang Tambahan Penghasilan Bagi ASN  T.A 2020 Rapat berlangsung di ruang rapat kantor BPKAD Kab. Sintang.


Turut di undang :
- Sekretaris BPKAD Kab. Sintang
- Sekretaris BKPSDM Kab. Sintang
- Direktur RSUD Kab. Sintang
- Kepala Bagian Ekbang Setda Kab. Sintang
- Kepala Bidang Anggaran BPKAD Kab. Sintang
Kepala Subbag Analisa Jabatan dan Pendayagunaan Aparatur Setda Kab. Sintang
- Kepala Subbag Perundang-undangan Setda Kab. Sintang
- Kepala Subbid Pengelolaan Belanja Daerah BPKAD Kab. Sintang 
- Kepala Subbid Kebijakan dan Penyusunan Anggaran BPKAD Kab. Sintang
- Kepala Subbag Kebijakan dan Penyusunan Anggaran BPKAD Kab. Sintang

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Evaluasi Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2018

img

Rapat Evaluasi Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2018

Rapat Berlangsung di Ruang Rapat Kantor BPKAD Kab. Sintang pada Hari Senin (8/7-19) Pukul 09.00 - Selesai

 

Tim Evaluasi Berasal dari BPKAD Provinsi Kalbar yang di wakili oleh:

Bpk. Mohammad Bari, Sos,M.Si Selaku Kepala Bidang Anggaran

Bpk. Eko Ari Borneawan,S.SSTP,M.Si  Selaku Kasubbid Anggaran Wilayah III

Bpk. Roni Basuki, SE Selaku Staf Bidang Anggaran

Bpk. Abdul Muthalib, A.Md  Selaku Staf Bidang Anggaran

Bpk. Agus Mushin,A.Md Selaku Staf Bidang Anggaran

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Koordinasi dan Evaluasi dengan Tim BPPT terkait Implementasi pelaksanaan aplikasi SIMRAL pemerintah kabupaten sintang

img

Koordinasi dan Evaluasi dengan Tim BPPT terkait Implementasi pelaksanaan aplikasi SIMRAL pemerintah kabupaten sintang

kegiatan berlangsung di ruang rapat BPKAD Kab.  Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Koordinasi dan Evaluasi tim BPPT bersama bidang Akuntansi dan Skpd terkait dengan implementasi pelaporan Akuntansi pada Aplikasi Simral

img

Koordinasi dan Evaluasi tim BPPT bersama bidang Akuntansi dan Skpd terkait dengan implementasi pelaporan Akuntansi pada Aplikasi Simral.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Presentasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) dan Teknologi Informasi (TI) di Kabupaten Sintang

img

Presentasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) dan Teknologi Informasi (TI) di Kabupaten Sintang.

Presentasi dilaksanakan pada hari jumat 12 Juni 2019 di mulai pukul 14.00 - Selesai.
Presentasi tersebut di buka langsung oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Bapak Joni Sianturi, SE,M.Si.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Pembahasan Peraturan Bupati Sintang Tentang Satuan Standar Biaya Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang Atas Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2020

img

Rapat Pembahasan Peraturan Bupati Sintang Tentang Satuan Standar Biaya Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang Atas Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2020.



LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Penyusunan Rancangan Peraturan Bupati Sintang tentang Kebijakan Akuntansi Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019.

img

Rapat Penyusunan Rancangan Peraturan Bupati Sintang tentang Kebijakan Akuntansi Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Rancangan Perubahan APBD Kab. Sintang T.A 2019

img

Rapat Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Rancangan Perubahan APBD Kab. Sintang T.A 2019

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Membahas Rancangan Bupati Sintang Tentang Standar Imbalan Jasa Penilaian Tanah dan Bisnis di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang

img

Rapat Membahas Rancangan Bupati Sintang Tentang Standar Imbalan Jasa Penilaian Tanah dan Bisnis di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Gubernur terhadap Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2019 terhadap belanja hibah, bantuan sosial dan belanja tidak terduga

img

Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Gubernur terhadap Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2019 terhadap belanja hibah, bantuan sosial dan belanja tidak terduga

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Pembahasan Peraturan Bupati Sintang tentang Pedoman Pengelolaan Dana Kegiatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang

img

Rapat Pembahasan Peraturan Bupati  Sintang  tentang Pedoman Pengelolaan Dana Kegiatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Pembahasan Perubahan Kedua atas Peraturan Bupati Sintang No 71 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penganggaran, Pelaksanaan dan Penatausahaan, Pertanggungjawaban dan Pelaporan Serta Monitoring dan Evaluasi Belanja Hibah dan Belanja Bantuan Sosial yang ter

img

Rapat Pembahasan Perubahan Kedua atas Peraturan Bupati Sintang No 71 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penganggaran, Pelaksanaan dan Penatausahaan, Pertanggungjawaban dan Pelaporan Serta Monitoring dan Evaluasi Belanja Hibah dan Belanja Bantuan Sosial yang tersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sintang.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat Pembahasan Usulan KPU mengenai Rencana Kebutuhan Biaya Pemilukada Tahun 2020.

img

Rapat Pembahasan Usulan KPU mengenai Rencana Kebutuhan Biaya Pemilukada Tahun 2020.

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Implementasi Transaksi Non Tunai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang T.A 2019

img

Implementasi Transaksi Non Tunai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang T.A 2019

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rekonsiliasi Laporan Anggaran APBD Triwulan III

img

Rekonsiliasi Laporan Anggaran APBD Triwulan III dan Rekonsiliasi Saldo Awal Neraca Aset Tahun Anggaran 2019 yang akan di entry dalam Sistem Informasi Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (SIMRAL).

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

pemanfaatan aset tanah desa nanga sepauk untuk bangunan gedung sdn 3 sepauk

img

pemanfaatan aset tanah desa nanga sepauk utk bangunan gedung sdn 3 sepauk

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

sosialisasi permendagri dengan nara sumber dari kemendagri dan dirjend perbendaharaan pontianak Di Aula belakang BPKAD Kab. Sintang

img

sosialisasi permendagri dengan nara sumber dari kemendagri dan dirjend perbendaharaan pontianak
Di Aula belakang BPKAD Kab. Sintang

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Rapat terkait penyusunan Peraturan Bupati Sintang tentang Tambahan Penghasilan bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang T.A 2020

img

Rapat terkait penyusunan Peraturan Bupati Sintang tentang Tambahan Penghasilan bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang T.A 2020

LAMPIRAN

- Tidak ada lampiran file -

Back to Top